Profil Lulusan
Profil
lulusan PS-MEPP dapat diuraikan ke dalam beberapa kelompok yaitu:
No
|
Profil lulusan
|
Deskripsi Profil
|
Kemampuan/Pengetahuan/Keterampilan
yang harus dimiliki
|
1.
|
Akademisi
|
1. Mampu
mengembangkan paradigma pendekatan, konsep, prinsip serta teori pembangunan
dan perencanaan ekonomi.
2. Mampu
melakukan alih ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pembangunan dan
perencanaan ekonomi.
3. Mampu
meningkatkan efektivitas pengajaran, pengetahuan ilmiah dengan jalan
mengoperasionalkan epistemology keilmuan dalam proses belajar mengajar yang
memungkinkan peserta didik menguasai prosedur keilmuan dalam memperoleh,
memproses, dan menyusun pengetahuan ilmiah (science in process)
4. Mampu
melakukan sintesa dalam pemecahan isu dan permasalahan yang kompleks serta
kaya dalam pemikiran dalam bidang pembangunan dan perencanaan ekonomi.
5. Mampu
mengembangkan dan menerapkan metode dan teknik perencanaan pembangunan
ekonomi yang adaptif terhadap dinamika pembangunan daerah, nasional dan
global.
6. Mampu
membimbing mahasiswa yang sedang melakukan dan menulis laporan penelitiannya.
7. Memperlihatkan
etika profesi akademik-intelektualnya selaku pendidik dalam hidup
kesehariannya.
|
1. Mampu mengkaji teori dasar yang menunjang
kemampuan dalam bidang perencanaan pembangunan.
2. Mampu
mengidentifikasi masalah Ipteks terkait pemanfaatan sumber daya wilayah
melalui pendekatan deduksi teoritis atau komputasi dan simulasi dengan
pendekatan multidisiplin dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi
untuk memecahkan masalah Ipteks tersebut.
3. Mampu
merumuskan pendalaman keilmuan perencanaan pembangunan dengan menghasilkan
model/metode/ pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif dan dapat
dipublikasikan secara saintifik pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional
atau internasional.
4. Mampu
menganalisis perencanaan pembiayaan
dan penganggaran pembangunan.
5. Mampu merekomendasikan kemanfaatan keilmuan
perencanaan pembangunan suatu wilayah untuk diaplikasikan pada kontek
pembangunan yang lebih luas.
6. Mampu
memproyeksi perencanaan pembiayaan dan
penganggaran pembangunan.
7. Mampu
mengelola perangkat penelitian dan kalibrasi instrument penelitian yang
terkait dengan pengembangan pembangunan.
8. Mampu
mengevaluasi metode analisis dan
interpretasi data penelitian perencanaan dan pembangunan.
|
2.
|
Peneliti
|
1. Mampu
menerapkan pengetahuan ilmiah yang dikuasai sebagai acuan bagi pemecahan
realitas masalah-masalah pembangunan ekonomi dan social yang dihadapi melalui
kegiatan penelitian.
2. Mampu
melakukan kegiatan professional dalam mengkonstruksi penelitian dan
menetapkan isu dan masalah pengembangan ilmu perencanaan pembangunan.
3. Mampu
membangun pendekatan dan model-model pemecahan isu dan masalah pembangunan
dan perencaan ekonomi dan sosial.
4. Mampu
mengembangkan pendekatan dan model-model berbagai instrument penelitian dalam
pemecahan isu dan masalah-masalah pembangunan dan perencanaan.
5. Mampu
mengkomunikasikan hasil-hasil
penelitian sebagai sebuah sintesis dan temuan baru yang original
berdasarkan kaidah-kaidah, sistematika dan tatacara dan kaidah ilmiah dalam
berbagai media informasi.
6. Memperlihatkan
etika keilmuan dalam melakukan kegiatan penelitian.
|
1. Mampu mengkaji teori dasar yang menunjang
kemampuan dalam bidang perencanaan pembangunan.
2. Mampu
mengidentifikasi masalah Ipteks terkait pemanfaatan sumber daya wilayah
melalui pendekatan deduksi teoritis atau komputasi dan simulasi dengan
pendekatan multidisiplin dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi
untuk memecahkan masalah Ipteks tersebut.
3. Mampu
menganalisis perencanaan pembiayaan
dan penganggaran pembangunan.
4. Mampu merekomendasikan kemanfaatan keilmuan
perencanaan pembangunan suatu wilayah untuk diaplikasikan pada kontek
pembangunan yang lebih luas.
5. Mampu
memproyeksi perencanaan pembiayaan dan
penganggaran pembangunan.
6. Mampu
mengevaluasi metode analisis dan
interpretasi data penelitian perencanaan dan pembangunan.
|
3.
|
Tenaga
ahli/praktisi perencanaan dan
pembangunan
|
1. Mampu
menerapkan secara professional ilmu pengetahuan dan teknologi bidang
perencanaan pembangunan.
2. Mampu
melakukan inovasi yang adaptif dengan dinamika perubahan lingkungan pembangunan
dengan pengetahuan dan teknologi yang berbasis perencanaan pembangunan
ekonomi dan sosial.
3. Mampu
menerapkan pengetahuan dan teknologi serta memberikan advokasi pada bidang
perencanaan dan pembangunan kepada berbagai pemangku-kepentingan.
|
1. Mampu
mengkaji teori dasar yang menunjang
kemampuan dalam bidang perencanaan pembangunan.
2. Mampu
mengidentifikasi masalah Ipteks terkait pemanfaatan sumber daya wilayah
melalui pendekatan deduksi teoritis atau komputasi dan simulasi dengan
pendekatan multidisiplin dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi
untuk memecahkan masalah Ipteks tersebut.
3. Mampu
merumuskan pendalaman keilmuan perencanaan pembangunan dengan menghasilkan
model/metode/ pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif dan dapat dipublikasikan
secara saintifik pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional atau
internasional.
4. Mampu
menganalisis perencanaan pembiayaan
dan penganggaran pembangunan.
5. Mampu merekomendasikan kemanfaatan keilmuan
perencanaan pembangunan suatu wilayah untuk diaplikasikan pada kontek
pembangunan yang lebih luas.
6. Mampu
memproyeksi perencanaan pembiayaan dan
penganggaran pembangunan.
7. Mampu
mengevaluasi metode analisis dan
interpretasi data penelitian perencanaan dan pembangunan.
|
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Capaian
pembelajaran lulusan meliputi rumusan sikap, rumusan keterampilan umum,
keterampilan khusus, dan rumusan pengetahuan sebagai berikut:
SIKAP
|
|
S1
|
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan
sikap religius;
|
S2
|
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral dan etika;
|
S3
|
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
|
S4
|
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah
air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
|
S5
|
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan
kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
|
S6
|
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian
terhadap masyarakat dan lingkungan;
|
S7
|
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara;
|
S8
|
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
|
S9
|
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di
bidang keahliannya secara mandiri;
|
S10
|
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan
profesionalitas
|
PENGETAHUAN
|
|
P1
|
Mampu mengkaji teori dasar yang menunjang
kemampuan dalam bidang perencanaan pembangunan.
|
P2
|
Mampu
mengidentifikasi masalah Ipteks terkait pemanfaatan sumber daya wilayah
melalui pendekatan deduksi teoritis atau komputasi dan simulasi dengan
pendekatan multidisiplin dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi
untuk memecahkan masalah Ipteks tersebut.
|
P3
|
Mampu
merumuskan pendalaman keilmuan perencanaan pembangunan dengan menghasilkan
model/metode/ pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif dan dapat
dipublikasikan secara saintifik pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional
atau internasional.
|
P4
|
Mampu
menganalisis perencanaan pembiayaan
dan penganggaran pembangunan.
|
KETERAMPILAN UMUM
|
|
KU1
|
Mampu mengembangkan
pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian
ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun
konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan
etika ilmiah dalam bentuk tesis yang
dipublikasikan melalui tulisan dalam jurnal
ilmiah yang terakreditasi;
|
KU2
|
Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya
dalam menyelesaikan masalah di
masyarakat atau industri yang relevan melalui
pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
|
KU3
|
Mampu menyusun ide, hasil
pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan
etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat
akademik dan masyarakat luas;
|
KU4
|
Mampu mengidentifikasi bidang
keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu peta
penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner;
|
KU5
|
Mampu mengambil keputusan dalam
konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian,
analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
|
KU6
|
Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan
kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang
lebih luas;
|
KU7
|
Mampu meningkatkan kapasitas
pembelajaran secara mandiri;
|
KU8
|
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan
menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah
plagiasi
|
KETERAMPILAN KHUSUS
|
|
KK1
|
Mampu merekomendasikan kemanfaatan keilmuan
perencanaan pembangunan suatu wilayah untuk diaplikasikan pada kontek
pembangunan yang lebih luas.
|
KK2
|
Mampu
memproyeksi perencanaan pembiayaan dan
penganggaran pembangunan
|
KK3
|
Mampu
mengelola perangkat penelitian dan kalibrasi instrument penelitian yang
terkait dengan pengembangan pembangunan.
|
KK4
|
Mampu
mengevaluasi metode analisis dan
interpretasi data penelitian perencanaan dan pembangunan.
|
No comments:
Post a Comment