MENU 1

LABEL BERJALAN

LIHAT SINI

Monday, March 23, 2020

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN



Profil Lulusan
Profil lulusan PS-MEPP dapat diuraikan ke dalam beberapa kelompok yaitu:
No
Profil lulusan
Deskripsi Profil
Kemampuan/Pengetahuan/Keterampilan yang harus dimiliki
1.
Akademisi
1.    Mampu mengembangkan paradigma pendekatan, konsep, prinsip serta teori pembangunan dan perencanaan ekonomi.
2.    Mampu melakukan alih ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pembangunan dan perencanaan ekonomi.
3.    Mampu meningkatkan efektivitas pengajaran, pengetahuan ilmiah dengan jalan mengoperasionalkan epistemology keilmuan dalam proses belajar mengajar yang memungkinkan peserta didik menguasai prosedur keilmuan dalam memperoleh, memproses, dan menyusun pengetahuan ilmiah (science in process)
4.    Mampu melakukan sintesa dalam pemecahan isu dan permasalahan yang kompleks serta kaya dalam pemikiran dalam bidang pembangunan dan perencanaan ekonomi.
5.    Mampu mengembangkan dan menerapkan metode dan teknik perencanaan pembangunan ekonomi yang adaptif terhadap dinamika pembangunan daerah, nasional dan global.
6.    Mampu membimbing mahasiswa yang sedang melakukan dan menulis laporan penelitiannya.
7.    Memperlihatkan etika profesi akademik-intelektualnya selaku pendidik dalam hidup kesehariannya.
1.     Mampu  mengkaji teori dasar yang menunjang kemampuan dalam bidang perencanaan pembangunan.
2.     Mampu mengidentifikasi masalah Ipteks terkait pemanfaatan sumber daya wilayah melalui pendekatan deduksi teoritis atau komputasi dan simulasi dengan pendekatan multidisiplin dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi untuk memecahkan masalah Ipteks tersebut.
3.     Mampu merumuskan pendalaman keilmuan perencanaan pembangunan dengan menghasilkan model/metode/ pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif dan dapat dipublikasikan secara saintifik pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional atau internasional.
4.     Mampu menganalisis  perencanaan pembiayaan dan penganggaran pembangunan.
5.     Mampu  merekomendasikan kemanfaatan keilmuan perencanaan pembangunan suatu wilayah untuk diaplikasikan pada kontek pembangunan yang lebih luas.
6.     Mampu memproyeksi  perencanaan pembiayaan dan penganggaran pembangunan.
7.     Mampu mengelola perangkat penelitian dan kalibrasi instrument penelitian yang terkait dengan pengembangan pembangunan.
8.     Mampu mengevaluasi   metode analisis dan interpretasi data penelitian perencanaan dan pembangunan.
2.
Peneliti
1.    Mampu menerapkan pengetahuan ilmiah yang dikuasai sebagai acuan bagi pemecahan realitas masalah-masalah pembangunan ekonomi dan social yang dihadapi melalui kegiatan penelitian.
2.    Mampu melakukan kegiatan professional dalam mengkonstruksi penelitian dan menetapkan isu dan masalah pengembangan ilmu perencanaan pembangunan.
3.    Mampu membangun pendekatan dan model-model pemecahan isu dan masalah pembangunan dan perencaan ekonomi dan sosial.
4.    Mampu mengembangkan pendekatan dan model-model berbagai instrument penelitian dalam pemecahan isu dan masalah-masalah pembangunan dan perencanaan.
5.    Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil  penelitian sebagai sebuah sintesis dan temuan baru yang original berdasarkan kaidah-kaidah, sistematika dan tatacara dan kaidah ilmiah dalam berbagai media informasi.
6.    Memperlihatkan etika keilmuan dalam melakukan kegiatan penelitian.
1.     Mampu  mengkaji teori dasar yang menunjang kemampuan dalam bidang perencanaan pembangunan.
2.     Mampu mengidentifikasi masalah Ipteks terkait pemanfaatan sumber daya wilayah melalui pendekatan deduksi teoritis atau komputasi dan simulasi dengan pendekatan multidisiplin dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi untuk memecahkan masalah Ipteks tersebut.
3.     Mampu menganalisis  perencanaan pembiayaan dan penganggaran pembangunan.
4.     Mampu  merekomendasikan kemanfaatan keilmuan perencanaan pembangunan suatu wilayah untuk diaplikasikan pada kontek pembangunan yang lebih luas.
5.     Mampu memproyeksi  perencanaan pembiayaan dan penganggaran pembangunan.
6.     Mampu mengevaluasi   metode analisis dan interpretasi data penelitian perencanaan dan pembangunan.
3.
Tenaga ahli/praktisi perencanaan dan  pembangunan
1.    Mampu menerapkan secara professional ilmu pengetahuan dan teknologi bidang perencanaan pembangunan.
2.    Mampu melakukan inovasi yang adaptif dengan dinamika perubahan lingkungan pembangunan dengan pengetahuan dan teknologi yang berbasis perencanaan pembangunan ekonomi dan sosial.
3.    Mampu menerapkan pengetahuan dan teknologi serta memberikan advokasi pada bidang perencanaan dan pembangunan kepada berbagai pemangku-kepentingan.
1.     Mampu  mengkaji teori dasar yang menunjang kemampuan dalam bidang perencanaan pembangunan.
2.     Mampu mengidentifikasi masalah Ipteks terkait pemanfaatan sumber daya wilayah melalui pendekatan deduksi teoritis atau komputasi dan simulasi dengan pendekatan multidisiplin dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi untuk memecahkan masalah Ipteks tersebut.
3.     Mampu merumuskan pendalaman keilmuan perencanaan pembangunan dengan menghasilkan model/metode/ pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif dan dapat dipublikasikan secara saintifik pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional atau internasional.
4.     Mampu menganalisis  perencanaan pembiayaan dan penganggaran pembangunan.
5.     Mampu  merekomendasikan kemanfaatan keilmuan perencanaan pembangunan suatu wilayah untuk diaplikasikan pada kontek pembangunan yang lebih luas.
6.     Mampu memproyeksi  perencanaan pembiayaan dan penganggaran pembangunan.
7.     Mampu mengevaluasi   metode analisis dan interpretasi data penelitian perencanaan dan pembangunan.
                                             
 Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Capaian pembelajaran lulusan meliputi rumusan sikap, rumusan keterampilan umum, keterampilan khusus, dan rumusan pengetahuan sebagai berikut:
                                                                    SIKAP
S1
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
S3
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S10
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan profesionalitas
PENGETAHUAN
P1
Mampu  mengkaji teori dasar yang menunjang kemampuan dalam bidang perencanaan pembangunan.
P2
Mampu mengidentifikasi masalah Ipteks terkait pemanfaatan sumber daya wilayah melalui pendekatan deduksi teoritis atau komputasi dan simulasi dengan pendekatan multidisiplin dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi untuk memecahkan masalah Ipteks tersebut.
P3
Mampu merumuskan pendalaman keilmuan perencanaan pembangunan dengan menghasilkan model/metode/ pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif dan dapat dipublikasikan secara saintifik pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional atau internasional.
P4
Mampu menganalisis  perencanaan pembiayaan dan penganggaran pembangunan.
KETERAMPILAN UMUM
KU1
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan melalui tulisan dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi;
KU2
Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
KU3
Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
KU4
Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner;
KU5
Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
KU6
Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
KU7
Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
KU8
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KETERAMPILAN KHUSUS
KK1
Mampu  merekomendasikan kemanfaatan keilmuan perencanaan pembangunan suatu wilayah untuk diaplikasikan pada kontek pembangunan yang lebih luas.
KK2
Mampu memproyeksi  perencanaan pembiayaan dan penganggaran pembangunan
KK3
Mampu mengelola perangkat penelitian dan kalibrasi instrument penelitian yang terkait dengan pengembangan pembangunan.
KK4
Mampu mengevaluasi   metode analisis dan interpretasi data penelitian perencanaan dan pembangunan.

No comments:

Post a Comment