MENU 1

LABEL BERJALAN

LIHAT SINI

Tuesday, March 24, 2020

Capaian Pembelajaran Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unhas




Capaian pembelajaran lulusan PSMM Unhas terdiri empat komponen, yaitu Sikap, Ketrampilan Umum, Pengetahuan, dan Ketrampilan Khusus. Capaian Pembelajaran LULUSAN Program Studi adalah perwujudan kompetensi lulusan, dirumuskan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Perpres 08/2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).  Sesuai dengan Permen Ristek Dikti 044/2015, Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Magister Manajemen  dirumuskan mencakup Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan Umum dan Ketrampilan Khusus yang diformulasi dalam bentuk matriks, seperti diperlihatkan pada Tabel 3.
Capaian Pembelajaran pada aspek sikap dan ketrampilan umum dirumus dengan meringkas atau memadatkan makna yang tercantum pada lampiran PermenRistek Dikti 044/2015 tanpa bermaksud mengurangi kuantitas maupun capaian pembelajaran lulusan terkait sikap dan ketrampilan umum. Peringkasan ini hanya untuk kepraktian penulisan dan tidak mengurangi makna yang ditetapkan dalam PermenReistek Dikti tersebut.

Tabel  3. Capaian Pembelajaran Lulusan
SIKAP
S01
Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menujukkan sikap religious.
S02
Menujukkan sikap betanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri, menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
PENGETAHUAN
P01
Menguasai teori dan aplikasi manajemen dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan bisnis.
P02
Menguasai teknik analisis dan mitigasi risiko bisnis dalam konteks nasional dan global
KETRAMPILAN UMUM
KU1
Menerapkan pemikiran inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya dan mandiri.
KU2
Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk tesis atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU3
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; memelihara dan mengembangkan jaringan kerja; bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok; dan mampu belajar mandiri berkelanjutan serta mencegah plagiasi
KETRAMPILAN
KHUSUS
KK1
Membuat keputusan  dan mengelola bisnis dengan tepat dan inovatif
KK2
Menyusun dan mengaplikasikan strategi bisnis berkelanjutan dalam konteks nasional dan global
KK3
Merumuskan dan memberikan rekomendasi berbagai alternatif pemecahan masalah bisnis.
KK4
Melakukan evaluasi, analisis, sistesis, dan kreasi untuk pemecahan berbagai masalah bisnis dengan memanfaatkan konsep, teori, teknologi dalam bidang manajemen

 

C.   Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran dan Profil Lulusan

Untuk mengetahui proses pemenuhan profil lulusan, maka Tabel 3 menunjukkan relevansi dan sasaran capaian pembelajaran (CP) lulusan dengan profil lulusan. Rumusan dan penomoran profil lulusan seperti tercantum pada Tabel berikut.
Tabel 4. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran dan Profil Lulusan
CP
Profil Lulusan
Manajer Profesional
Wirausaha Profesional
Konsultan Bisnis
SIKAP
S01
S02
PENGETAHUAN
P01
P02
KETRAMPILAN UMUM
KU1
KU2
KU3
KETRAMPILAN KHUSUS
KK1

KK2

KK3
KK4

 

D.   Pemetaan Keterkaitan CP dan Aspirasi Pemangku Kepentingan

Semua CP lulusan prodi MM ditetapkan dan diformulasi berdasarkan usulan dan saran dari pemangku kepentingan. CP sikap dan ketrampilan umum minimal telah ditetapkan dalam SNPT 2015. Ketrampilan khusus dan penguasaan ilmu pengetahuan ditetapkan secara umum berasal dari usul alumni (MM-UH), pengguna alumni (BUMN), Unhas, dan hasil studi banding (benchmark) dengan beberapa program studi sejenis di dalam dan di luar negeri. Tabel dibawah ini memeperlihatkan pemetaan hubunga antara CP (capaian pembelajaran) dengan aspirasi pemangku kepentingan.
Tabel 5. Pemetaan CP dan Aspirasi Pemangku Kepentingan
CP
Aspirasi Pemangku Kepentingan
Pemerintah
Alumni
Pengguna Alumni
Asosiasi Profesi
Unhas
Benchmark
S01




S02




P01

P02

KU1
KU2
KU3
KK1


KK2


KK3


KK4


No comments:

Post a Comment