Capaian
pembelajaran lulusan PSMM Unhas terdiri empat komponen, yaitu Sikap,
Ketrampilan Umum, Pengetahuan, dan Ketrampilan Khusus. Capaian Pembelajaran
LULUSAN Program Studi adalah perwujudan kompetensi lulusan, dirumuskan mengacu
pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Perpres 08/2012 tentang
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Sesuai dengan Permen Ristek Dikti 044/2015, Capaian Pembelajaran Lulusan
Program Studi Magister Manajemen dirumuskan
mencakup Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan Umum dan Ketrampilan Khusus yang
diformulasi dalam bentuk matriks, seperti diperlihatkan pada Tabel 3.
Capaian
Pembelajaran pada aspek sikap dan ketrampilan umum dirumus dengan meringkas
atau memadatkan makna yang tercantum pada lampiran PermenRistek Dikti 044/2015
tanpa bermaksud mengurangi kuantitas maupun capaian pembelajaran lulusan
terkait sikap dan ketrampilan umum. Peringkasan ini hanya untuk kepraktian
penulisan dan tidak mengurangi makna yang ditetapkan dalam PermenReistek Dikti
tersebut.
Tabel
3. Capaian
Pembelajaran Lulusan
SIKAP
|
S01
|
Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menujukkan sikap
religious.
|
S02
|
Menujukkan sikap betanggung jawab atas pekerjaan dibidang
keahliannya secara mandiri, menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan
dan kewirausahaan.
|
|
PENGETAHUAN
|
P01
|
Menguasai
teori dan aplikasi manajemen dalam pemecahan masalah dan pengambilan
keputusan bisnis.
|
P02
|
Menguasai teknik
analisis dan mitigasi risiko bisnis dalam konteks nasional dan global
|
|
KETRAMPILAN UMUM
|
KU1
|
Menerapkan pemikiran inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi
yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya dan mandiri.
|
KU2
|
Mengkaji implikasi pengembangan
atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan
menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata
cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau
kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk tesis
atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
|
|
KU3
|
Mengambil keputusan secara tepat
dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil
analisis informasi dan data; memelihara dan mengembangkan jaringan kerja;
bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok; dan mampu belajar
mandiri berkelanjutan serta mencegah plagiasi
|
|
KETRAMPILAN
KHUSUS
|
KK1
|
Membuat keputusan dan mengelola bisnis dengan tepat dan
inovatif
|
KK2
|
Menyusun
dan mengaplikasikan strategi bisnis berkelanjutan dalam konteks nasional dan
global
|
|
KK3
|
Merumuskan dan memberikan rekomendasi berbagai
alternatif pemecahan masalah bisnis.
|
|
KK4
|
Melakukan
evaluasi, analisis, sistesis, dan kreasi untuk pemecahan berbagai masalah
bisnis dengan memanfaatkan konsep, teori, teknologi dalam bidang manajemen
|
C. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran dan Profil Lulusan
Untuk mengetahui proses pemenuhan profil lulusan, maka
Tabel 3 menunjukkan relevansi dan sasaran capaian pembelajaran (CP) lulusan
dengan profil lulusan. Rumusan dan penomoran profil lulusan seperti tercantum
pada Tabel berikut.
Tabel 4. Pemetaan Keterkaitan
Capaian Pembelajaran dan Profil Lulusan
CP
|
Profil
Lulusan
|
|||
Manajer Profesional
|
Wirausaha Profesional
|
Konsultan
Bisnis
|
||
SIKAP
|
S01
|
√
|
√
|
√
|
S02
|
√
|
√
|
√
|
|
PENGETAHUAN
|
P01
|
√
|
√
|
√
|
P02
|
√
|
√
|
√
|
|
KETRAMPILAN UMUM
|
KU1
|
√
|
√
|
√
|
KU2
|
√
|
√
|
√
|
|
KU3
|
√
|
√
|
√
|
|
KETRAMPILAN KHUSUS
|
KK1
|
√
|
√
|
|
KK2
|
√
|
√
|
|
|
KK3
|
√
|
√
|
√
|
|
KK4
|
√
|
√
|
√
|
D. Pemetaan Keterkaitan CP dan Aspirasi Pemangku Kepentingan
Semua CP lulusan prodi MM ditetapkan dan diformulasi
berdasarkan usulan dan saran dari pemangku kepentingan. CP sikap dan
ketrampilan umum minimal telah ditetapkan dalam SNPT 2015. Ketrampilan khusus
dan penguasaan ilmu pengetahuan ditetapkan secara umum berasal dari usul alumni
(MM-UH), pengguna alumni (BUMN), Unhas, dan hasil studi banding (benchmark) dengan beberapa program studi
sejenis di dalam dan di luar negeri. Tabel dibawah ini memeperlihatkan pemetaan
hubunga antara CP (capaian pembelajaran) dengan aspirasi pemangku kepentingan.
Tabel 5. Pemetaan CP dan Aspirasi
Pemangku Kepentingan
CP
|
Aspirasi Pemangku Kepentingan
|
|||||
Pemerintah
|
Alumni
|
Pengguna Alumni
|
Asosiasi Profesi
|
Unhas
|
Benchmark
|
|
S01
|
√
|
|
|
|
√
|
|
S02
|
√
|
|
|
|
√
|
|
P01
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
P02
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
KU1
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
KU2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
KU3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
KK1
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
KK2
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
KK3
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
KK4
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
No comments:
Post a Comment