MENU 1

LABEL BERJALAN

LIHAT SINI

Tuesday, March 24, 2020

Kata sambutan Ketua Prodi MAKSI Fakultas Ekonomidan Bisnis (FEB) Unhas





Dunia akuntansi bergerak begitu cepat, oleh karenanya diperlukan persiapan sumberdaya manusia yang mampu menjawab perubahan tersebut. Tujuan Program Studi Magister Akuntansi adalah menghasilkan magister yang profesional di bidang akuntansi. Dalam menyelenggarakan pendidikan, program studi ini menggunakan kurikulum yang bermuatan KKNI. Penyelenggaraan proses belajar mengajar dilaksanakan teratur dan didukung oleh ketersediaan fasilitas yang memadai.
Kekuatan program studi terletak pada penyusunan visi misi yang melibatkan semua stakeholder dan kuatnya networking dengan para alumninya. Program Studi Magister Akuntansi sampai dengan saat ini masih merupakan program studi yang favorit di mata masyarakat. Hal ini tampak dari peminat yang mendaftar pada setiap semester. Input mahasiswa magister akuntansi sangat baik. Hal ini ditunjang pula dengan fleksibilitas dan adaptasi kurikulum yang memungkinkan lulusan mampu bekerja di seluruh Indonesia.
Kualitas mahasiswa Magister Akuntansi FEB UNHAS telah memenuhi standar karena didukung oleh sistem rekrutmen dan seleksi mahasiswa yang sesuai prosedural, akuntabel, dan transparan. Di samping itu, kurikulum Magister Akuntansi yang terintegrasi dengan visi dan misi fakultas dan universitas memungkinkan lulusannya memiliki penguasaan keilmuan akuntansi yang memadai. Secara berkala kurikulum tersebut ditinjau agar lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan stakeholder. Selain itu, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang merupakan refleksi dari kurikulum dievaluasi setiap saat untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan pasar. Dalam proses pembelajaran pun pesan-pesan moral disampaikan oleh pengajar agar lulusan tidak hanya memiliki keilmuan akuntansi yang mumpuni tetapi juga memiliki soft-skill yang baik.
Sikap kritis dan multiparadigma dalam memandang fenomena sosial dan kepedulian lingkungan dikembangkan dan ditanamkan dalam proses pembelajaran sehingga memberikan dasar yang kuat bagi lulusan untuk berpikir secara ilmiah. Dampaknya tertuang pada lulusan yang mampu menduduki baik jabatan/posisi penting dalam dunia akuntansi maupun di masyarakat, misalnya sebagai sumberdaya manusia yang dapat diandalkan di bidang akuntansi pada perusahaan-perusahaan seperti perbankan, perhotelan, perusahaan konsultan manajemen/bisnis/perpajakan, asuransi, pemerintah daerah, manufacturing, dan tenaga pendidik, serta profesi lainnya. Peluang yang dimiliki oleh Magister Akuntansi untuk bekerjasama dengan lembaga lain baik nasional maupun internasional semakin besar dengan akreditasi A BAN PT yang disandang oleh program studi ini. Di samping itu, peluang beasiswa juga semakin luas dan banyak karena akreditasi A tersebut. Akhirnya, saya mengundang semua pihak untuk memberikan masukan kepada program studi magister akuntansi UNHAS, agar dapat lebih mengembangkan diri lagi ke depannya.
Makassar, November 2019
Dr. Ratna Ayu Damayanti SE.,Ak.,MSoc,Sc,CA.

No comments:

Post a Comment