MENU 1

LABEL BERJALAN

LIHAT SINI

Saturday, March 21, 2020

Capaian


A. Profil Lulusan

Profil lulusan PS MKD ditetapkan berdasarkan hasil diskusi dan analisis terhadap kebutuhan pemerintah dan pemerintah daerah serta kebutuhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan itu, maka profil lulusan Program Studi Magister Keuangan Daerah sebagai berikut:

Tabel 3.1 Profil lulusan PS MKD FEB UNHAS
Profil Lulusan


Kompetensi



Eksekutif pengelola
1.
Mampu menyajikan secara efektif informasi  dan
keuangan dan aset

keputusan dalam bentuk lisan dan tulisan.
daerah
2.
Mampu  mengelola  sumberdaya  organisasi  dan


menunjukkan kualitas kepemimpinan efektif yang


bersifat lintas disiplin.

3.
Mampu  mengambil  keputusan  strategis  dalam


organisasi berbasis pada riset yang bersifat holistik


dengan   pendekatan
interdisiplin,  multidisiplin,


transdisiplin,   dan   atau   multiparadigma   dan


mengimplementasikannya menggunakan teknologi


informasi.



4.
Mampu  secara  kritis mengevaluasi, menganalisis


dan  menafsirkan  informasi  untuk  memecahkan


masalah dan membuat keputusan strategis berbasis


riset.





Peneliti keuangan dan
1.
Mampu   mengambil   keputusan   atas   berbagai
aset daerah

pilihan penelitian keuangan dan aset daerah yang


bersifat holistik dengan menggunakan pendekatan


interdisiplin, multidisiplin, transdisiplin, dan atau


multiparadigma.


2.
Mampu
memimpin
pengembangan   penelitian


keuangan
dan  aset
daerah  berdasarkan  filosofi







Halaman 8 dari 31


Penyelarasan Kurikulum PS MKD FE UNHAS

Profil Lulusan
Kompetensi



yang   relevan   dan   bermanfaat   bagi   ilmu

pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia.

3.      Mampu mengelola riset keuangan dan aset daerah berbasis teknologi terkini.

4.      Mampu secara kritis mengevaluasi, menganalisis dan menafsirkan informasi untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan strategis berbasis riset.

B.    Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Capaian pembelajaran lulusan mengacu pada Standar Nasional Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) meliputi rumusan sikap, rumusan pengetahuan, rumusan keterampilan umum, keterampilan khusus yang mengacu pada KKNI. Meskipun demikian sesuai dengan kebutuhan prodi dalam rangka mewujudkan CPL, maka dilakukan penyesuaian dari beberapa CPL tersebut dan digabungkan menjadi sesuai dengan cakupannya.

Tabel 3.2 Capaian pembelajaran lulusan
Ranah


Kompetensi











1.
Memiliki
integritas,
kepekaan
sosial,



bertanggungjawab  kepada  tugas  dan  masyarakat,

Rumusan sikap

bangsa  dan
negara  dengan
berpedoman
kepada


agama dan pancasila









2.
Mampu bekerja sama yang dilandasi oleh semangat



kemandirian, kejuangan dan kewirausahan







1.
Menguasai  teori  dan  konsep  terkait  pengelolaan



keuangan daerah



Rumusan
2.
Menguasai teori dan konsep terkait pengelolaan aset

pengetahuan

daerah





3.
Menguasai  teori  dan  konsep  akuntansi  keuangan



daerah














Halaman 9 dari 31


Penyelarasan Kurikulum PS MKD FE UNHAS

Ranah
Kompetensi

1.   Mampu   menghasilkan   karya   inovatif   dalam memecahkan permasalahan di bidang keuangan dan aset daerah berbasis pada riset melalui pendekatan
Rumusan
inter-atau multidisiplin
keterampilan umum

2.   Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan sumberdaya lainnya di dalam dan di luar organisasi;


1.  Mampu  mengevaluasi  dan  menyusun  kebijakan

manajemen, ekonomi  dan akuntansi  keuangan dan

aset  daerah  melalui  penerapan  inter  dan  multi-

disiplin




2.  Mampu berpikir kritis, holistik, dan terampil dalam

mengambil  kebijakan  manajemen,  ekonomi  dan

akuntansi   keuangan   dan   aset   daerah   dengan
Rumusan
pendekatan
interdisiplin, multidisiplin, transdisiplin,
keterampilan khusus
dan
atau
multiparadigma
dan

mengimplementasikannya  menggunakan
teknologi

informasi.




3.      Mampu secara kritis mengevaluasi, menganalisis dan menafsirkan informasi untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan strategis manajemen, ekonomi dan akuntansi keuangan dan aset daerah berbasis riset.






No comments:

Post a Comment